loading...

Friday, February 3, 2017

Cara Sukses Ternak Semut Jepang

Tidak ada salahnya bagi kita semua untuk ikut membudidayakan semut jepang ini, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga kita sendiri ( anak, istri /siuami tercinta ), sanak saudara, handai taulan dan kerabat, ataupun untuk di bagikan ke tetangga dan teman-teman kantor maupun teman-teman lama sekalian reunian :) .. dengan demikian secara langsung akan menjadikan orang-orang dekat kita senantiasa dalam kondisi yang lebih sehat.

Cara berternak ataupun membudidayakan semut jepang boleh dibilang sangat mudah, simple dan sederhana sekali, tapi bagaimana caranya?...
... yang di perlukan hanyalah ketelatenan pemeliharaan saja.


Berikut adalah cara untuk membudidayakan semut jepang :
  1. Siapkan bibit Semut jepang, pilih semut yang berumur cukup matang dan masih produktif. Bibit semut jepang, lebih banyak tentunya akan lebih bagus karena dengan jumlah yg makin banyak maka otomatis perkembangbiakannya akan lebih cepat.
  2. Siapkan Kapas secukupnya sesuai bidang ( ketinggian kapas kurang lebih cukup 4 cm saja. Mengapa? karena nanti kapas akan mengembung dengan sendirinya saat semut-semut mulai berkembang biak.
  3. Kapas yang di pilih sebaik nya : kapas yang bersih putih dan tidak padat.
  4. Kami sendiri biasa memilih kapas yang murahan seharga Rp.1000 rupiah per plastik. Kapas type ini cukup lunak dan mudah di tata.
  5. Masukkan kapas di dalam wadah dengan cara di tata rapi dengan ketinggian merata (ingat ya.. ketinggian kapas jangan lebih dari 4 cm ya).
  6. Siapkan Ragi Tape sebaai makanan semut jepang (bisa di beli ditoko kue atau di pasar-pasar tradisional). Kami juga menyediakan ragi tape jika anda menginginkannya.
  7. Siapkan toples bekas sebagai media tempat atau wadah bagi semut, lubangi tutup toples seperlunya sehingga sirkulasi udara terjamin.
  8. Media tempat / atau wadah tidak selalu harus berupa toples, bisa juga menggunakan media plastik yang berbentuk lain. Sesuaikan jumlah semut dengan media yang ada karena media yang terlalu besar dengan jumlah semut yang terlalu sedikit akan menyebabkan semut susah berkembang biak. Mengapa? karena hal ini menjadikan semut jarang bertemu sehingga tidak terjadi perkawinan.
  9. Taruh dan peliharalah semut di tempat yang bersuhu kering cenderung panas, yaitu ruangan dengan suhu 30 derajat celcius. Panas yang di maksud adalah panas gerah tetapi bukan merupakan panas langsung karena terkena sinar matahari ya... Sangat di hindarkan semut di simpan di ruangan lembah, karena semut akan sulit berkembang biak dan bila terjadi embun di dalam toples maka semut akan mati.rkulasi udara di ruangan harus sehat ( tidak pengap ).
  10. Siapkan Kapas secukupnya sesuai bidang ( ketinggian kapas kurang lebih cukup 4 cm saja. Mengapa? karena nanti kapas akan mengembung dengan sendirinya saat semut-semut mulai berkembang biak.Kapas yang di pilih sebaik nya : kapas yang bersih putih dan tidak padat.
  11. Kami sendiri biasa memilih kapas yang murahan seharga Rp.1000 rupiah per plastik. Kapas type ini cukup lunak dan mudah di tata.
  12. Masukkan kapas di dalam wadah dengan cara di tata rapi dengan ketinggian merata (ingat ya.. ketinggian kapas jangan lebih dari 4 cm ya).
  13. Masukkan semua bibit / indukan semut ke dalam toples / wadah / media yang telah disiapkan.
  14. Jangan sampai lupa untuk ragi tape harus sering di monitor.
  15. Setelah itu tunggu sampai beberapa bulan dan lihat terus perkembangannya.

Agar budidaya berhasil dan semut dapat berkembang biak dengan baik, berikut catatan-catatan yang harus di perhatikan dalam memelihara / merawatnya :

1. Selalu berikan makanan yang cukup ( makanan berupa ragi tape ). Ingat cukup makan bukan berarti over, karena bila over ragi di wadah semut maka akan terjadi fermentasi dan kelembaban sehingga panas yang berujung pada munculnya embun di dalam media budidaya. berikan makanan secukupnya dan di berikan makan lagi bila makanan yang di berikan sebelumnya sudah habis,
2. Tempatkan media budidaya dari jangkauan cicak dan semut rumah, karena semut jepang bisa di mangsa oleh mereka dan cenderung kalah,
3. Biarkan semut tetap tenang di media mereka, jangan sering diusik agar tidak stress,
4. Tunggu kira-kira 2-3 bulan dan monitor perkembangannya, niscaya semut yang anda pelihara sudah berkembang dengan pesat. Secara normal jumlahnya sudah akan bertambah antara 3 - 6 kali lipat dari jumlah semula,
5. Bersihkan wadah / media tatkala kapas sdh terlalu kotor dan banyak terdapat pengendapan bubuk sisa makanan di bagian bawah toples.


No comments:

Post a Comment